WomanMarketer: Sentuhan Wanita di Dunia Marketing
Marketing merupakan bagian terpenting dari sebuah
usaha atau bisnis, sebagai garda terdepan untuk kelangsungan hidup
sebuah usaha. Untuk itu, posisi marketing dalam sebuah bisnis mutlak
harus dipegang oleh orang yang luwes dalam berinteraksi, baik dalam soal
bisnis maupun hubungan sosial.
Ahli marketing di
Indonesia sebagian besar masih didominasi oleh pria. Jarang terlihat
marketer wanita yang menonjol dan diperhitungkan kiprahnya. Padahal
sebenarnya, kebanyakan wanita yang lebih mendominasi dalam dunia
marketing. Ahli marketing wanita biasanya memiliki kepekaan membaca
peluang pasar, keluwesan berinteraksi secara sosial, serta memiliki
kemampuan dalam menentukan sebuah strategi pemasaran yang tepat untuk
sebuah produk. Hal inilah yang membuat wanita memiliki peluang besar
untuk tampil ke permukaan sebagai ahli marketing.
Veronica Ratna Ningrum adalah salah seorang WomanMarketer
yang berhasil membuktikan, bahwa sentuhan kreatif wanita mampu memberi
warna lain dalam pemasaran produk. Kepiawaiannya merancang suatu konsep
strategi pemasaran dan mengeksekusi strategi pemasaran, mengantarnya
menjadi seorang WomanMarketer Indonesia yang mulai diperhitungkan.
Menurut Veronica, sentuhan seorang WomanMarketer akan memberikan
nuansa yang khas, sebab biasanya wanita lebih tekun dan detil, serta
lebih luwes dalam memperkenalkan produk yang dijual. Sementara bagi
Veronica sendiri, selain diuntungkan oleh keluwesannya dalam
berinteraksi dengan klien maupun orang lain, dia juga diuntungkan oleh
dedikasinya saat menggarap strategi pemasaran sebuah produk. Tidak ada
istilah setengah-setengah bagi Veronica, ketika dia mengerjakan sebuah
proyek bagi kliennya. Veronica menempatkan kepuasan konsumen di atas
segalanya. Baginya, konsumen harus diperlakukan sebagai raja. Dan
sebagaimana layaknya seorang raja, mereka harus mendapatkan perlakuan
istimewa.
Menurut Veronica, layanan terbaik bagi klien tidak saja menyangkut
soal kualitas produk, namun juga sikap. Seorang marketer perlu memahami
cara memperlakukan orang lain dengan baik dan membuat mereka merasa
nyaman. Marketer yang baik juga bertindak sebagai problem-solver, yang mampu membuat keputusan serta menyediakan solusi jika terjadi masalah di lapangan.
Demikianlah sentuhan Midas ala Veronica, sang WomanMarketer bermasa depan cerah ini, dalam menyediakan solusi bagi strategi marketing bagi setiap kliennya.
0 komentar